PERBEDAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN SISTEM AKUNTANSI

      Apa yang anda ketahui tentangperbedaan sistem akuntansi dan sistem informasi akuntansi? Dalam dunia akuntansi dikenal sebuah sistem yang dinamakan sistem akuntansi. Sistem akuntansi terdiri dari beberapa macam dan memiliki perbedaan.

       Pada saat sebuah perusahaan didirikan hingga saat perusahaan tersebut berkembang ternyata dibutuhkan berbagai hal penting seperti laporan keuangan. Maka dari itu sistem akuntansi lahir sebagai prosedur dalam mencatat dan melaporkan informasi keuangan suatu perusahaan.
Sistem di perusahaan terdiri dari beberapa macam seperti sistem informasi akuntansi, sistem informasi majamemen dan sistem informasi pemasaran. Setiap sistem akuntansi tersebut memiliki beberapa perbedaan.

       Sistem informasi akuntansi berfungsi untuk mengumpulkan, memeroses serta melakukan analisa data keuangan sebuah perusahaan dan dapat memberikan informasi mengenai pembuatan keputusan suatu masalah keuangan di perusahaan. Sistem informasi manajemen berfungsi untuk mengkomunikasikan seluruh tipe informasi, memiliki basis komputer sehingga dapat memberikan informasi mengenai berbagai hal pada area intern perusahaan.
Sistem informasi pemasaran berfungsi untuk mencari tahu keinginan serta kebutuhan konsumen. Selain itu, juag melakukan tindak lanjut mengenai berbagai masalah yang berhubungan dengan konsumen sebuah perusahaan.

       Dari deskripsi fungsi di atas, kita dapat melihat perbedaan dari sistem informasi akuntansi, sistem informasi manajemen dan sistem pemasaran. Berbagai fungsi tersebut diciptakan untuk mendukung kinerja perusahaan.

       Jika sistem informasi akuntansi untuk mendukung dari segi keuangan, sistem informasi manajemen mendukung dari segi ketersediaan informasi di perusahaan, sedangkan sistem informasi pemasaran mendukung nilai jual suatu perusahaan di mata konsumen.
Dengan adanya ketiga sistem di atas, maka laju atau kinerja suatu perusahaan menjadi lebih terarah dan dapat menghasilkan perusahaan yang memiliki stabilitas dan kekuatan. Jika perusahaan sudan stabil dan kuat maka laju bisnisnya akan lebih terarah dan akan mendapatkan penghasilan yang memadai.
     
       Demikianlah informasi mengenai perbedaan sistem akuntansi dan sistem informasi akuntansi. Dari berbagai sistem di atas kita dapat belajar bagaimana cara mengelola suatu perusahaan dengan baik. Bahkan jika anda memiliki minat untuk berwirausaha, maka sistem di atas bisa anda terapkan agar perusahaan semakin maju. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep, Pengertian, dan Tujuan ERP

Data Flow Diagram